Monday, November 13, 2017

Kopi Rubusta - Harta berharga bagi masyarakat pedesaan

Kopi Rubusta merupakan salah satu dari sekian banyak varietas kopi yang ada di seluruh dunia. Jenis ini merupakan kopi yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Rasanya yang khas dan mempunyai karakter tersendiri menjadikan kopi ini banyak dinikmati oleh segala kalangan. Kopi robusta tumbuh subur baik di dataran rendah hingga menengah antara 400 mdpl hingga 900 mdpl. 
Masyarakat jawa banyak membudidayakan tanaman kopi ini karena mudah tumbuh di segala jenis tanah. Bagi masyarakat pedesaan yang tinggal di pinggiran hutan baik hutan pinus maupun hutan lindung banyak menanam kopi robusta di hutan sebagai tanaman pengisi hutan produksi maupun menanam secara komunal di hutan. Kopi bagi masyarakat pedesaan merupakan harta yang sangat berharga, pasalnya banyak dari mereka bergantung pada hasil panen kopi. 
Karena ditanam di hutan dan minim perawatan maka pada umumnya tanaman kopi robusta hanya berproduksi satu kali dalam setahun. Sehingga ketika musim panen kopi tiba adalah saat yang membahagiakan terlebih jika buahnya lebat dan melimpah. bersambung

No comments:

Post a Comment